Keluar dari Kenyamanan

Yudisium sudah menyatakan bahwa saya resmi sarjana. Syarat wisuda pun sudah saya  penuhi. Sederhananya tinggal menunggu disalami Pak Rektor saja di dalam Sabuga. Itu pun kalau garis finishnya hanya wisuda. Tapi hidup kan berakhir ketika mati dan manusia sehat dengan usia 20an awal lazimnya mendefinisikan mati terjadi di umur 60 atau 70, artinya masih ada spare waktu yang cukup lama untuk diisi sampai mencapai garis finish.

Banyak pilihan untuk mengisi hidup setelah wisuda. Disini saya kerucutkan jadi dua saja: bekerja atau bersekolah lagi. Bekerja intinya menafkahi diri sendiri dan menjadi jauh lebih mandiri. Terbayang betapa puasnya menentukan tujuan dan menggapainya dengan keringat sendiri. Tapi bekerja pun bisa berarti berada pada rutinitas dan terjebak dengan sistem yang dibuat oleh orang sebelumnya. Belum lagi perlahan kita dipaksa menjadi tumpul dan tidak lagi menjadi unik.

Lantas kenapa tak bersekolah lagi saja? Apalagi di luar negeri. Lingkungan baru, teman baru, dan pengalaman baru bisa didapat. Pemikiran terus diasah, idealisme terus dipelihara. Lantas setelah lulus apa? Kembali bingung? Saya takut bila pilihan saya untuk bersekolah lagi hanyalah cara untuk memperpanjang zona nyaman saya. Di lain pihak, saya rasa saya tidak se-capable itu bila melanjutkan sekolah di bidang engineering. Entahlah, rasanya hanya menunda kebingungan bila saya bersekolah tanpa memikirkan dari sekarang setelahnya akan kemana.

So?

Saya belum tahu. Siapa sih yang lebih tahu dari Yang Maha Tahu? Ya sudah, selama saya masih percaya pada Yang Maha Mengatur. Saya serahkan semuanya dan saya ikhlas atas semua yang telah, sedang, dan apa apa saja yang akan terjadi pada saya. Di lain sisi saya merasa bersyukur memiliki orang tua yang tidak memaksakan kehendak, selalu suportif, dan sangat bisa diajak untuk bertukar pikiran.

Waktu tak akan menjawab dan menyelesaikan masalahmu tapi ia mampu menyediakan jeda serta ruang agar hati dan akalmu yang selama ini sibuk sendiri-sendiri dapat bertemu, berbincang, dan berkompromi.

I’ll let you know when I got the answer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s